Memahami Sistem Pendidikan Di Amerika

By | May 20, 2022

Memahami Sistem Pendidikan Di Amerika – Sistem pendidikan Amerika menawarkan banyak pilihan bagi siswa internasional. Ada begitu banyak sekolah, program, dan lokasi sehingga pilihannya mungkin membanjiri siswa, bahkan mereka yang berasal dari AS Saat Anda memulai pencarian sekolah, penting untuk membiasakan diri Anda dengan sistem pendidikan Amerika.

Memahami Sistem Pendidikan Di Amerika

quickanded – Memahami sistem akan membantu Anda mempersempit pilihan dan mengembangkan rencana pendidikan Anda.

Baca Juga : Mencari Bantuan dari Kolega: Tip untuk Guru

Struktur Pendidikan

Sekolah Dasar dan Menengah

Sebelum pendidikan tinggi, siswa Amerika menghadiri sekolah dasar dan menengah untuk total gabungan 12 tahun. Tahun-tahun ini disebut sebagai kelas pertama sampai kelas dua belas.

Sekitar usia enam tahun, anak-anak AS mulai sekolah dasar, yang paling sering disebut “sekolah dasar.” Mereka menghadiri lima atau enam tahun dan kemudian pergi ke sekolah menengah.

Sekolah menengah terdiri dari dua program: yang pertama adalah “sekolah menengah” atau “sekolah menengah pertama” dan program kedua adalah “sekolah menengah”. Ijazah atau sertifikat diberikan setelah lulus dari sekolah menengah. Setelah lulus SMA (kelas 12), siswa AS dapat melanjutkan ke perguruan tinggi atau universitas. Perguruan tinggi atau studi universitas dikenal sebagai “pendidikan tinggi.”

Sistem gradasi

Sama seperti siswa Amerika, Anda harus menyerahkan transkrip akademik Anda sebagai bagian dari aplikasi Anda untuk masuk ke universitas atau perguruan tinggi. Transkrip akademik adalah salinan resmi dari karya akademis Anda. Di AS, ini termasuk “nilai” dan “rata-rata nilai” (IPK) Anda, yang merupakan ukuran pencapaian akademik Anda. Kursus biasanya dinilai menggunakan persentase, yang diubah menjadi nilai huruf.

Sistem penilaian dan IPK di AS dapat membingungkan, terutama bagi siswa internasional. Penafsiran nilai memiliki banyak variasi. Misalnya, dua siswa yang bersekolah di sekolah yang berbeda sama-sama menyerahkan transkrip mereka ke universitas yang sama. Mereka berdua memiliki IPK 3,5, tetapi satu siswa bersekolah di sekolah menengah atas, sementara yang lain bersekolah di sekolah bergengsi yang menantang secara akademis. Universitas mungkin menafsirkan IPK mereka secara berbeda karena kedua sekolah memiliki standar yang sangat berbeda.

Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

  • Anda harus mengetahui tingkat pendidikan terakhir yang Anda selesaikan di negara asal Anda yang setara dengan AS.
  • Perhatikan baik-baik persyaratan penerimaan setiap universitas dan perguruan tinggi, serta program gelar individu, yang mungkin memiliki persyaratan berbeda dari universitas.
  • Secara teratur bertemu dengan penasihat pendidikan atau konselor bimbingan untuk memastikan Anda memenuhi persyaratan.
  • Penasihat pendidikan atau konselor bimbingan Anda akan dapat memberi tahu Anda apakah Anda harus menghabiskan satu atau dua tahun ekstra untuk mempersiapkan penerimaan universitas AS atau tidak. Jika seorang siswa internasional memasuki universitas atau perguruan tinggi AS sebelum memenuhi syarat untuk menghadiri universitas di negara mereka sendiri, pemerintah dan pemberi kerja beberapa negara mungkin tidak mengakui pendidikan siswa AS tersebut.

Tahun akademik

Kalender sekolah biasanya dimulai pada bulan Agustus atau September dan berlanjut hingga Mei atau Juni. Sebagian besar mahasiswa baru mulai pada musim gugur, jadi sebaiknya mahasiswa internasional juga memulai studi universitas di AS pada saat ini. Ada banyak kegembiraan di awal tahun ajaran dan siswa membentuk banyak persahabatan yang hebat selama waktu ini, karena mereka semua menyesuaikan diri dengan fase baru kehidupan akademik. Selain itu, banyak kursus yang dirancang bagi siswa untuk mengambilnya secara berurutan, dimulai pada musim gugur dan berlanjut sepanjang tahun.

Tahun akademik di banyak sekolah terdiri dari dua istilah yang disebut “semester”. (Beberapa sekolah menggunakan kalender tiga semester yang dikenal sebagai sistem “trimester”.) Namun, yang lain membagi tahun lebih lanjut ke dalam sistem kuartal empat istilah, termasuk sesi musim panas opsional. Pada dasarnya, jika Anda mengecualikan sesi musim panas, tahun akademik terdiri dari dua semester atau tiga kuartal.

Sistem Pendidikan Tinggi AS: Tingkat Studi

Tingkat Pertama: Sarjana

“Sistem Amerika jauh lebih terbuka. Di Hong Kong Anda hanya mempelajari apa yang ditulis guru di papan tulis. Di Amerika, Anda mendiskusikan masalah dan lebih fokus pada gagasan.”

Seorang mahasiswa yang menghadiri sebuah perguruan tinggi atau universitas dan belum memperoleh gelar sarjana, sedang belajar di tingkat sarjana. Biasanya dibutuhkan sekitar empat tahun untuk mendapatkan gelar sarjana. Anda dapat memulai studi Anda untuk mengejar gelar sarjana di community college atau universitas atau perguruan tinggi empat tahun.

Dua tahun pertama studi Anda, Anda biasanya akan diminta untuk mengambil berbagai kelas dalam mata pelajaran yang berbeda, umumnya dikenal sebagai kursus prasyarat: sastra, sains, ilmu sosial, seni, sejarah, dan sebagainya. Ini agar Anda mencapai pengetahuan umum, dasar, dari berbagai mata pelajaran sebelum berfokus pada bidang studi tertentu.

Banyak siswa memilih untuk belajar di community college untuk menyelesaikan dua tahun pertama kursus prasyarat. Mereka akan mendapatkan gelar transfer Associate of Arts (AA) dan kemudian pindah ke universitas atau perguruan tinggi empat tahun.

“Mayor” adalah bidang studi khusus yang menjadi fokus gelar Anda. Misalnya, jika seseorang mengambil jurusan jurnalistik, mereka akan mendapatkan gelar Bachelor of Arts di bidang Jurnalisme. Anda akan diminta untuk mengambil sejumlah kursus di bidang ini untuk memenuhi persyaratan gelar jurusan Anda. Anda harus memilih jurusan Anda di awal tahun ketiga sekolah Anda.

Karakteristik yang sangat unik dari sistem pendidikan tinggi Amerika adalah Anda dapat mengubah jurusan Anda beberapa kali jika Anda mau. Sangat umum bagi siswa Amerika untuk beralih jurusan di beberapa titik dalam studi sarjana mereka. Seringkali, siswa menemukan bidang berbeda yang mereka kuasai atau nikmati. Sistem pendidikan Amerika sangat fleksibel. Ingatlah bahwa berpindah jurusan dapat menghasilkan lebih banyak kursus, yang berarti lebih banyak waktu dan uang.

Tingkat Kedua: Lulusan mengejar gelar Master

Saat ini, lulusan perguruan tinggi atau universitas dengan gelar sarjana mungkin ingin serius memikirkan studi pascasarjana untuk memasuki profesi tertentu atau memajukan karir mereka. Gelar ini biasanya wajib untuk posisi tingkat yang lebih tinggi dalam ilmu perpustakaan, teknik, kesehatan perilaku dan pendidikan.

Selain itu, siswa internasional dari beberapa negara hanya diizinkan untuk belajar di luar negeri pada tingkat pascasarjana. Anda harus menanyakan tentang kredensial yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan di negara Anda sebelum Anda mendaftar ke universitas pascasarjana di AS.

Program pascasarjana biasanya merupakan divisi dari universitas atau perguruan tinggi. Untuk mendapatkan pengakuan, Anda harus mengambil GRE (pemeriksaan catatan pascasarjana). Program master tertentu memerlukan tes khusus, seperti LSAT untuk sekolah hukum, GRE atau GMAT untuk sekolah bisnis, dan MCAT untuk sekolah kedokteran.

Program pascasarjana dalam mengejar gelar master biasanya memakan waktu satu sampai dua tahun untuk menyelesaikannya. Misalnya, MBA (master administrasi bisnis) adalah program gelar yang sangat populer yang memakan waktu sekitar dua tahun. Program magister lainnya, seperti jurnalistik, hanya memakan waktu satu tahun.

Sebagian besar program master dihabiskan dalam studi kelas dan mahasiswa pascasarjana harus menyiapkan makalah penelitian panjang yang disebut “tesis master” atau menyelesaikan “proyek master.”

Tingkat Ketiga: Lulusan dalam Mengejar Gelar Doktor

Banyak sekolah pascasarjana menganggap pencapaian gelar master sebagai langkah pertama untuk mendapatkan gelar PhD (doktor). Tetapi di sekolah lain, siswa dapat mempersiapkan langsung untuk gelar doktor tanpa juga mendapatkan gelar master. Mungkin diperlukan waktu tiga tahun atau lebih untuk mendapatkan gelar PhD. Untuk siswa internasional, mungkin diperlukan waktu selama lima atau enam tahun.

Selama dua tahun pertama program, sebagian besar kandidat doktor mendaftar di kelas dan seminar. Setidaknya satu tahun lagi dihabiskan untuk melakukan penelitian langsung dan menulis tesis atau disertasi. Makalah ini harus memuat pandangan, desain, atau penelitian yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Disertasi doktoral adalah diskusi dan ringkasan beasiswa saat ini tentang topik tertentu. Sebagian besar universitas AS yang memberikan gelar doktor juga mewajibkan kandidat mereka untuk memiliki pengetahuan membaca dua bahasa asing, menghabiskan waktu yang lama “di tempat tinggal”, untuk lulus ujian kualifikasi yang secara resmi menerima kandidat untuk program PhD, dan lulus ujian lisan. ujian dengan topik yang sama dengan disertasi.