Cara Berkomunikasi Secara Efektif dengan Kolega Anda

By | July 25, 2022

Cara Berkomunikasi Secara Efektif dengan Kolega Anda – Berkomunikasi secara efektif dengan kolega Anda meminimalkan kesalahpahaman dan memaksimalkan efisiensi kerja. Komunikasi yang efektif juga menghasilkan hubungan kerja yang sehat, dan memungkinkan Anda dan kolega Anda untuk menyelesaikan masalah secara kolaboratif.

Cara Berkomunikasi Secara Efektif dengan Kolega Anda

quickanded – Ini pada gilirannya akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih menyenangkan dan tidak menimbulkan stres. Berikut adalah beberapa cara untuk berkomunikasi lebih baik dengan rekan kerja Anda:

Baca Juga : Bisakah Anda Bekerja Paruh Waktu dengan Visa Pelajar AS?

Dengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan apa yang dikatakan rekan kerja Anda dan bahwa Anda menghormati mereka. Dengarkan mereka dengan cermat, arahkan tubuh Anda ke arah mereka, dan lihatlah mereka secara langsung saat mereka berbicara. Saat mereka sedang berbicara, jangan menyela mereka. Anda hanya akan dapat memahami apa yang mereka coba katakan jika Anda mendengarkan mereka dengan seksama dan menunggu mereka selesai berbicara sebelum Anda menjawab. Kemudian ajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi masalah apa pun yang mungkin Anda miliki. Yang terpenting, jangan mengirim email atau SMS saat seseorang berbicara dengan Anda.

Bicaralah dengan bijaksana dan bicaralah secara tatap muka

Berbicara dengan bijaksana mencegah kesalahpahaman dengan rekan kerja Anda. Komunikasi tatap muka membantu membangun kepercayaan dan keterbukaan, dan memungkinkan Anda merasakan dan memahami sudut pandang dan perasaan seseorang. Juga berbicara tatap muka untuk menyelesaikan perselisihan atau memperbaiki masalah yang kompleks, dan menggunakan bahasa yang jelas, ramah dan sopan.

Berikan kritik yang membangun

Saat memberikan umpan balik, singkirkan perasaan pribadi Anda dan pastikan rekan kerja Anda sepenuhnya memahami apa yang Anda katakan kepada mereka. Jika seseorang melakukan pekerjaan dengan baik, tawarkan penguatan positif dan juga beri mereka tip perbaikan tanpa bersikap kasar atau suka memerintah.

Bangun dan dapatkan kepercayaan

Agar komunikasi yang efektif terjadi, setiap orang harus percaya dan menghormati satu sama lain. Untuk membangun kepercayaan dengan rekan kerja Anda, penting bagi Anda untuk bertindak secara konsisten dan dengan integritas. Untuk mendapatkan kepercayaan mereka, berkomunikasilah dengan jelas, kolaboratif, dan rahasia dengan mereka sambil menunjukkan rasa hormat kepada mereka. Komunikasi yang jelas dan ringkas akan memungkinkan rekan kerja Anda untuk memahami dan kemudian mempercayai Anda. Akibatnya, akan ada lebih banyak kerja sama dan lebih sedikit konflik di tempat kerja. Tujuan utama Anda berkomunikasi dengan rekan kerja adalah meletakkan dasar kepercayaan.

Bersikaplah pribadi tetapi jangan terlalu santai

Kenali rekan kerja Anda lebih baik dengan berbicara tentang kehidupan pribadi Anda selama istirahat atau setelah bekerja. Ini juga merupakan cara yang baik untuk membangun kepercayaan. Namun, penting agar Anda tidak terlalu santai dalam percakapan Anda, terutama di kantor, karena dapat membuat orang lain tidak nyaman. Pastikan semua komunikasi, termasuk email kantor, panggilan telepon, dan rapat Anda bersifat profesional, dan hindari penggunaan bahasa yang menyinggung di kantor.

Pertimbangkan preferensi komunikasi dan etiket teknologi

Beberapa orang suka berkomunikasi melalui email sementara yang lain lebih suka berbicara di telepon, mengirim pesan teks, atau menggunakan media sosial atau pesan instan. Gunakan metode kontak yang disukai orang lain. Jika seseorang tidak menjawab panggilan tetapi merespons email dengan cepat, gunakan email untuk menghubungi mereka. Namun, menggunakan email dan media sosial membuat sulit untuk menentukan nada pesan. Untuk menghindari kesalahpahaman, terkadang lebih baik berbicara secara langsung.

Jika Anda tidak akan berada di kantor untuk waktu yang lama, siapkan pesan otomatis yang memberi tahu rekan kerja Anda bahwa Anda tidak berada di kantor dan kapan mengharapkan balasan dari Anda, atau siapa yang dapat mereka hubungi saat Anda pergi .

Beri tahu mereka bagaimana apa yang Anda komunikasikan relevan bagi mereka

Komunikasi Anda hanya relevan jika terkait dengan apa yang diinginkan, dibutuhkan, ditakuti, atau diinginkan orang lain. Cari tahu bagaimana apa yang akan Anda katakan atau tulis relevan dengan kolega Anda dan kemudian beri tahu mereka tentang hal itu. Jika apa yang Anda komunikasikan memang relevan bagi mereka, maka itu akan membuat mereka mendengarkan atau membaca apa yang Anda coba katakan.

Jaga komunikasi lisan dan tertulis tetap singkat, sederhana dan langsung

Jangan berharap kolega Anda mendengarkan dan membaca semua yang Anda coba sampaikan kepada mereka karena tidak cukup waktu dalam sehari. Cobalah untuk tidak memberi mereka penjelasan dan rekomendasi yang rumit dengan harapan mereka akan langsung mengerti semuanya. Yang terbaik adalah menjaga komunikasi Anda singkat, sederhana dan langsung.

Anda juga disarankan untuk menyimpan email dalam satu atau dua paragraf untuk mencegah orang menjadi bosan dan melewatkan bagian terpenting dari pesan tersebut. Jika Anda memiliki banyak informasi untuk dibahas, gunakan poin-poin atau subjudul untuk membuat email mudah dipindai oleh penerima.

Secara keseluruhan, saat berkomunikasi dengan rekan kerja Anda, Anda harus menjaga kerahasiaan, dan memperlakukan mereka sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Penting juga untuk memiliki jalur komunikasi yang terbuka antara rekan kerja untuk melayani satu sama lain dengan lebih baik.