10 Manfaat Menunjukkan Mengapa Pendidikan Penting bagi Masyarakat Kita

By | December 9, 2021

10 Manfaat Menunjukkan Mengapa Pendidikan Penting bagi Masyarakat Kita – Apakah Anda pikir menghadiri sekolah dan mengerjakan proyek untuk kuliah Anda adalah buang-buang waktu? Jika ya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali klaim tersebut karena pendidikan adalah bagian penting dari pertumbuhan dan kemajuan masyarakat.

10 Manfaat Menunjukkan Mengapa Pendidikan Penting bagi Masyarakat Kita

quickanded – Ketika orang dididik, mereka dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi keluarga dan masyarakat mereka dalam berbagai aspek dan bidang, sehingga menciptakan komunitas yang stabil dan merangsang. Mengapa pendidikan penting bagi masyarakat? Mari kita pertimbangkan beberapa alasan.

Baca Juga : Ashdale Secondary College, Dinobatkan Sebagai Sekolah Terbaik Di WA Education Awards

1. Menciptakan Lebih Banyak Kesempatan Kerja

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, apalagi di saat ekonomi sedang bergejolak. Anda sering harus bersaing dengan ratusan kandidat lain untuk posisi yang kosong. Selain itu, semakin rendah tingkat pendidikan, semakin besar jumlah orang yang melamar untuk posisi awal yang sama dengan gaji rendah.

Namun, dengan kualifikasi dan latar belakang pendidikan yang tepat, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang memuaskan. Apakah Anda ingin menemukan cara untuk menonjol dari kumpulan pelamar? Belajar, mendidik diri sendiri, lulus dan mendapatkan kualifikasi, keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman sebanyak mungkin.

2. Mengamankan Penghasilan Lebih Tinggi

Orang-orang dengan pendidikan tinggi dan pengalaman yang bervariasi lebih mungkin untuk mendapatkan pekerjaan ahli dengan gaji tinggi. Belajar dengan giat, dedikasikan waktu dan usaha Anda untuk memperoleh pengetahuan dan raih kompetensi tingkat tinggi jika Anda ingin menjalani gaya hidup yang nyaman. Kredensial Anda adalah yang akan memotivasi calon pemberi kerja untuk memilih Anda daripada kandidat lain.

Belajar keras selama sekolah Anda dan studi menunjukkan Anda tidak takut kerja keras dan mampu memenuhi tujuan Anda. Pengusaha melihat ini sebagai keuntungan besar karena mereka semua lebih memilih tenaga kerja yang bertanggung jawab dan berpengetahuan. Setelah Anda lulus, Anda dapat mulai mencari pekerjaan yang akan memberi Anda kesempatan untuk mempraktekkan apa yang telah Anda pelajari dan, pada saat yang sama, mendapatkan gaji yang cukup untuk kebutuhan Anda.

3. Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Salah satu manfaat pendidikan adalah sistem pendidikan mengajarkan kepada kita bagaimana memperoleh dan mengembangkan pemikiran kritis dan logis serta mengambil keputusan secara mandiri. Ketika anak-anak menjadi dewasa, mereka dihadapkan pada banyak masalah yang menantang – melunasi pinjaman siswa Anda, mendapatkan pekerjaan, membeli mobil dan rumah, menafkahi keluarga Anda, dll.

Namun, jika seseorang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mendidik diri sendiri, mereka harus dapat membuat keputusan yang baik tentang berbagai kebingungan ini. Orang-orang tidak hanya mampu membentuk pendapat mereka sendiri, tetapi mereka juga pandai menemukan argumen dan bukti yang kuat dan dapat diandalkan untuk mendukung dan mengkonfirmasi keputusan mereka.

4. Meningkatkan Ekonomi

Orang-orang dengan latar belakang akademis dan pendidikan yang baik cenderung mendapatkan pekerjaan yang dibayar dengan baik. Semakin tinggi pendidikan dan prestasi mereka, semakin baik pilihan pekerjaan yang mereka dapatkan. Orang-orang yang tumbuh miskin tetapi berpendidikan sendiri memiliki peluang tinggi untuk mengubah kehidupan mereka, sehingga berkontribusi pada penurunan tingkat kemiskinan masyarakat. Pendidikan membantu negara-negara tumbuh secara ekonomi karena pendidikan adalah tentang mendapatkan pengetahuan dan mampu menerapkannya dengan bijak dalam kehidupan kita dan, pada saat yang sama, meningkatkan kehidupan orang lain.

5. Memberikan Kehidupan yang Sejahtera dan Bahagia

Pendidikan selalu mendapatkan rasa hormat dari masyarakat. Untuk memastikan gaya hidup yang nyaman, orang harus mendidik diri mereka sendiri dan mendapatkan pekerjaan yang dibayar dengan baik untuk menjadi sukses dan puas. Ini membantu mendapatkan reputasi yang lebih baik dan meningkatkan peluang menaiki tangga karier dengan lebih mudah dan lebih cepat. Pada gilirannya, ia menyediakan sumber daya keuangan untuk kehidupan yang stabil – orang mampu membeli rumah mereka sendiriatau apartemen dan dengan demikian menjamin kebahagiaan dan kesuksesan anak-anak mereka.

Selain itu, mampu memiliki rumah sendiri memberikan stabilitas dan meningkatkan kepercayaan diri. Ini mengarah pada penciptaan lingkungan yang positif bagi keluarga dan masyarakat. “Anak-anak pemilik rumah 116% lebih mungkin lulus dari perguruan tinggi daripada anak-anak penyewa dengan usia, ras, dan pendapatan yang sama. Mereka juga 25% lebih mungkin untuk lulus dari sekolah menengah dan memiliki nilai matematika dan membaca yang lebih tinggi, dengan masalah perilaku yang lebih sedikit, ”menurut penelitian di University of Tennessee.

6. Memberi Kembali ke Komunitas

Bagaimana pendidikan bermanfaat bagi masyarakat? Orang-orang terpelajar memahami betapa berharganya hidup dalam komunitas yang stabil dan aman. Mereka lebih cenderung mengambil bagian dalam proyek yang membantu meningkatkan tidak hanya lingkungan mereka tetapi juga masyarakat. Selain itu, ketika orang mampu membeli rumah mereka sendiri, mereka lebih mungkin untuk mengambil bagian tidak hanya dalam memperbaiki rumah mereka tetapi juga dalam memecahkan masalah lokal . Bagaimanapun, sangat penting untuk terlibat dan membantu mereka yang kurang beruntung untuk membangun tempat tinggal yang lebih baik bagi kita semua.

7. Menciptakan Masyarakat Modern

Pendidikan adalah esensi utama bagi masyarakat modern. Seseorang perlu belajar tentang budaya, sejarah dan aspek penting lainnya sehingga mereka dapat berkontribusi pada masyarakat modern. Pendidikan membentuk orang menjadi pemimpin tidak hanya dengan pengetahuan tentang mata pelajaran (perguruan tinggi), tetapi juga menunjukkan kepada mereka bagaimana memimpin dengan emosi dan nilai-nilai sejati.

Orang yang berpendidikan dapat dengan mudah membedakan antara benar dan salah, sehingga pendidikan membantu mengurangi tingkat kejahatan. Peristiwa buruk sedang terjadi di seluruh dunia – hanya pemimpin yang kompeten yang dapat membantu membimbing kita ke jalan yang baik dan benar.

8. Menjembatani Perbatasan

Pendidikan digital membantu terhubung dengan orang dan organisasi di seluruh dunia. Perbatasan sudah tidak ada lagi. Mampu berkomunikasi dan berbagi pendapat dengan orang-orang dari negara dan budaya lain, memperluas wawasan dan membantu kita memahami dan menghargai satu sama lain.

9. Menciptakan kesempatan yang sama

Pentingnya pendidikan dalam masyarakat selalu besar karena terlepas dari kasta, ras, jenis kelamin, agama. Orang yang berpendidikan diperlakukan sama berdasarkan pengetahuan dan kompetensinya. Selain itu, orang-orang berpendidikan berpikiran terbuka dan mampu mendengarkan dan menerima pandangan orang lain terlepas dari kenyataan betapa berbedanya mereka. Pendidikan menawarkan kemungkinan untuk hidup mandiri dan dengan demikian menjadi bebas. Ini adalah tempat perlindungan kita dari badai keuangan dan keputusan yang salah.

10. Memperkenalkan Pemberdayaan

Pendidikan adalah kunci untuk mengubah kelemahan menjadi kekuatan. Ini menawarkan berbagai alat dan cara untuk memahami masalah yang ada di depan kita dan membantu menyelesaikannya. Lebih penting lagi, pendidikan memberi kita kelincahan mental yang cukup besar untuk membuat keputusan yang tepat dan bertindak saat dibutuhkan. Banyak jenis penelitian menunjukkan bahwa perempuan berpendidikan dapat lebih mudah melawan bias gender dan kekerasan dalam perkawinan karena mereka telah meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan mereka.

Apakah itu tentang rasa hormat, posisi yang lebih tinggi dalam masyarakat dan lingkungan profesional, keamanan finansial, stabilitas keluarga, pendidikan menyediakan semua ini dan banyak lagi. Stabilitas rumah yang disediakan dengan memiliki rumah sendiri membantu anak-anak yang tumbuh di rumah atau apartemen mereka sendiri menjadi lebih sukses. Mereka lebih mungkin untuk lulus SMA (25%) dan menyelesaikan kuliah (116%). “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia,” kata Nelson Mandela.

Ini membantu orang menjadi warga negara yang lebih baik, mendapatkan pekerjaan yang dibayar lebih baik, menunjukkan perbedaan antara yang baik dan yang buruk. Pendidikan menunjukkan kepada kita pentingnya kerja keras dan, pada saat yang sama, membantu kita tumbuh dan berkembang.

Dengan demikian, kita dapat membentuk masyarakat yang lebih baik untuk ditinggali dengan mengetahui dan menghormati hak, hukum, dan peraturan. Belajar bahasa melalui proses pendidikan membantu berinteraksi dengan orang yang berbeda untuk bertukar ide, pengetahuan, praktik yang baik. Ini mengajarkan kita untuk hidup dalam harmoni.