Mengapa Pendidikan Jasmani Begitu Penting

By | November 24, 2021

Mengapa Pendidikan Jasmani Begitu Penting – Bukan rahasia lagi bahwa aktivitas fisik yang tepat diperlukan untuk kesejahteraan siswa secara keseluruhan. Manfaat pendidikan jasmani di sekolah sangat luas, termasuk peningkatan kesehatan fisik siswa dan prestasi akademik yang lebih baik.

Mengapa Pendidikan Jasmani Begitu Penting

quickanded – Pendidikan jasmani lebih dari sekedar berlari mengelilingi lintasan atau menendang bola. Ini mengajarkan anak-anak keterampilan hidup utama di samping meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Obesitas terus meroket di seluruh dunia dan semakin banyak orang yang menjalani gaya hidup tidak aktif. Mempromosikan pola pikir positif tentang olahraga sejak usia dini akan membantu mereka tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak sekolah telah mengurangi program pendidikan jasmani mereka, menempatkan penekanan yang lebih besar pada akademisi karena mereka berusaha untuk mempersiapkan siswa untuk perguruan tinggi dan dunia kerja.

Baca Juga : Hal Pendidikan Yang Dapat Dilakukan Sekolah Kalian

Namun penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengikuti kelas olahraga reguler di sekolah lebih dari dua kali lebih mungkin untuk aktif secara fisik dibandingkan rekan non-PE mereka. Padahal, anak-anak yang rutin mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah kemungkinan besar akan merasakan manfaat sebagai berikut:

Kesehatan Fisik dan Mental

Berpengalaman dalam perkembangan anak, guru olahraga memastikan bahwa kurikulum terdiri dari kegiatan sesuai usia yang mendukung pertumbuhan pikiran dan tubuh. Mereka akan menyesuaikan pelajaran agar sesuai dengan kelompok mereka dan memastikan bahwa pelajaran tersebut tidak membebani anak-anak dengan keterampilan atau persyaratan yang mungkin terlalu tinggi.

Pada saat yang sama, mereka tahu kapan siswa siap untuk didorong. PE meningkatkan keterampilan motorik dan meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang, yang pada gilirannya membuat siswa lebih mungkin untuk terlibat dalam aktivitas sehat di luar sekolah. Lebih jauh lagi, ini mendidik anak-anak tentang manfaat positif dari olahraga dan memungkinkan mereka untuk memahami seberapa baik hal itu dapat membuat mereka merasa.

Berpartisipasi dalam PE menempatkan anak-anak di jalur untuk menjadikan olahraga teratur sebagai kebiasaan– yang dapat memerangi obesitas dan mengurangi kemungkinan mengembangkan kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Ini juga membantu menjaga kesehatan otak dan mental mereka. Dengan menjadikan olahraga ‘normal’ sejak usia dini, hal ini menjadi tertanam dalam diri mereka sepanjang hidup mereka.

Pendidikan jasmani memotivasi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan mereka, karena memahami dasar-dasar satu olahraga membuatnya lebih mudah untuk menguasai aturan olahraga lainnya.

Karena siswa menghabiskan banyak waktu di sekolah, ini adalah tempat yang ideal untuk memberdayakan mereka untuk bertanggung jawab atas kesehatan mereka. Seringkali manfaat sekunder dari pendidikan jasmani adalah bahwa anak-anak menjadi lebih sadar akan apa yang mereka masukkan ke dalam tubuh mereka.

Mereka menyadari pentingnya pola makan yang sehat dan seimbang dan bahwa camilan manis bukanlah cara terbaik untuk mendapatkan energi untuk olahraga mereka. Mereka akan sering ingin mengetahui lebih banyak tentang tubuh mereka dan ini sekali lagi mengajarkan mereka untuk merawat diri mereka sendiri dan orang lain.

Studi juga menunjukkan bahwa siswa yang kurang aktif lebih mungkin mengalami gangguan tidur. Olahraga teratur mengurangi stres dan kecemasan, berkontribusi pada pola tidur yang sehat, yang pada gilirannya mengarah pada kesehatan mental yang lebih baik, fungsi sistem kekebalan tubuh, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Keterampilan sosial

Pendidikan jasmani yang dimulai pada anak usia dini menunjukkan nilai kerjasama, sementara menjadi bagian dari tim memberi mereka rasa identitas. Ketika guru olahraga mencontohkan perilaku prososial, anak-anak memperoleh keterampilan yang membuka jalan bagi interaksi dan hubungan yang sehat sepanjang hidup.

Baca Juga : Linguistik, Studi Program Bahasa Yang Ada Di Christ’s College Cambridge

Ini mengajarkan mereka keterampilan komunikasi dan keterampilan sosial yang penting. Ini membantu mereka menjadi pemain tim, bekerja bersama rekan tim yang beragam dan dapat mendukung orang lain.

Mempelajari dasar-dasar olahraga populer juga memberikan cara yang konstruktif bagi siswa untuk menyesuaikan diri dengan teman sebayanya, terutama saat mereka mendekati masa remaja. Mampu memahami berbagai olahraga atau hobi memungkinkan mereka untuk menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari kelas mereka.

Mereka mungkin menemukan gairah nyata untuk olahraga tertentu, mulai menghadiri pertandingan olahraga dan mereka bahkan mungkin melanjutkan karir di industri olahraga. Memiliki kesempatan untuk menyalakan jenis gairah ini sambil mengembangkan berbagai keterampilan sangat penting.

Harga Diri dan Pengembangan Karakter

Bermain olahraga tim dalam pengaturan terstruktur memperkuat kepemimpinan dan sportivitas yang baik. Memainkan berbagai peran dalam tim dan memperoleh keterampilan baru mendorong siswa untuk menghormati diri mereka sendiri dan rekan-rekan mereka. Ini juga mengajarkan mereka untuk memahami orang lain dan mendukung mereka melalui kesulitan mereka.

Gerakan seperti jabat tangan, tepukan di punggung, atau tos dari rekan setim membantu membangun kepercayaan diri dan persahabatan, dan mendapatkan pujian dari pelatih atau pemain lain juga membantu meningkatkan harga diri.

Hal ini kemudian mengarah pada peningkatan kepercayaan diri anak-anak untuk mempercayai kemampuan mereka dan untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam olahraga mereka. Penting bagi anak-anak untuk memahami bahwa harga diri tidak harus bergantung pada menang atau kalah, tetapi dalam mengambil bagian dan belajar dari setiap kesempatan. Anak-anak yang menerima kritik yang membangun dengan baik terbukti lebih baik dalam melakukan perubahan untuk memperbaiki diri, baik itu di sekolah, di tempat kerja maupun di bidang olahraga.

Saat mereka mengasah kemampuan mereka melalui olahraga individu dan tim, anak-anak belajar disiplin diri dan penetapan tujuan. Mereka belajar bahwa akan selalu ada pemenang dan pecundang, tetapi penting untuk menerima ini dan bangkit kembali saat dibutuhkan, atau pada gilirannya mendorong orang-orang di sekitar kita untuk melanjutkan.

Disiplin sangat penting untuk olahraga dan ini bisa bersifat mental dan fisik. Dalam olahraga, anak-anak harus mengikuti aturan dan menerima perintah dari pelatih mereka. Terkadang mereka harus menerima keputusan yang mungkin tidak mereka setujui.

Ini mengajarkan mereka keterampilan hidup yang penting yang akan membantu mereka sepanjang hidup dan karier mereka. Menurut International Platform on Sport and Development, “Olahraga telah digunakan sebagai alat praktis untuk melibatkan kaum muda di komunitas mereka melalui kegiatan sukarela, menghasilkan tingkat kepemimpinan, keterlibatan masyarakat, dan altruisme yang lebih tinggi di antara kaum muda.”

Prestasi Akademik yang Lebih Baik

Banyak manfaat PE terbawa dari lapangan bermain atau gimnasium ke dalam kelas, yang mengarah pada kinerja akademik yang lebih baik. Penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak yang mengikuti pendidikan jasmani lebih mampu mengatur perilaku mereka dan tetap fokus di kelas.

Seringkali olahraga memberi anak-anak kesempatan untuk mengalihkan pikiran mereka dari studi akademis mereka. Ini menawarkan kesempatan bagi mereka untuk bersantai, melepaskan emosi yang terpendam dan menghabiskan waktu bersenang-senang dengan teman-teman mereka.