Karakteristik Sistem Pendidikan di Perguruan Tinggi Amerika Serikat

Karakteristik Sistem Pendidikan di Perguruan Tinggi Amerika Serikat – Berbicara mengenai sistem pendidikan yang ada di Amerika Serikat memang cukup menarik. Amerika Serikat memang menjadi negara yang sangat maju dan unggul di segala bidang. Negara ini juga unggul dalam dunia pendidikan dibandingkan negara lain. Keunggulan ini di dapatkan Amerika Serikat karena sistem pendidikan yang diterapkan termasuk berhasil. Beberapa perguruan tinggi terbaik di dunia berada di Amerika Serikat. Banyak lulusan terbaik yang berasal dari negara yang ini yang mampu bersaing dengan lebih mudah dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. Lalu apa karakteristrik sistem pendidikan yang diterapkan di USA?

1. Karakteristik yang pertama adalah ruangan kelas. Hampir semua sistem pendidikan di dunia menggunakan ruang kelas sebagai tempat berlangsungnya pembelajaran. Ruang kelas yang disediakan di perguruan tinggi ini bisa menampung ratusan mahasiswa untuk kelas besar dan ada juga kelas kecil. Sebagai mahasiswa anda harus berkontribusi dalam diskusi kelas dan juga memberikan prestasi. Hal ini memang di terapkan di sistem pendidikan Amerika yang terkadang membuat terkejut para mahasiswa dari luar. Setiap minggunya profesor akan memberikan buku untuk dipelajari para mahasiswa. Bahkan ada beberapa program yang mengharuskan para mahasiswa untuk menghabiskan waktunya di laboratorium.

Para profesor ini akan selalu memastikan bahwa materi yang diberikan up to date setiap harinya, sehingga para mahasiswa bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang terbaik. Demi mendapatkan lulusan terbaik profesor mempunyai cara menilai tersendiri. Setiap profesor mempunyai syarat yang berbeda untuk mahasiswanya. Biasanya para profesor ini akan meminta para mahasiswa untuk berpartisipasi dalam diskusi, terutama dalam kegiatan seminar. Biasanya hal ini akan menjadi pertimbangan dalam memberikan nilai. Cara lain untuk menentukan nilai adalah melalui ujian pertengahan semester, melalukan penelitian atau laporan laboratorium, ujian singkat atau kuis, dan ujian final. Itulah beberapa persyaratan dalam memberikan nilai kepada para mahasiswa.

2. Karakteristrik ke dua adalah nilai kredit. Setiap mata kuliah di perguruan tinggi USA mempunyai nilai kreditnya masing – masing. Hampir sama dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di dunia yang juga menggunakan sistem nilai kredit dalam penilaian. Nilai kredit ini akan disamakan dengan jumlah waktu yang digunakan untuk waktu pembelajaran. Satu mata kuliah biasanya mempunyai nilai tiga hingga lima nilai kredit. Semua mahasiswa harus memperhatikan nilai kredit ini agar bisa mendapatkan nilai yang sempurna. Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi nilai kredit maka tidak lulus dengan persyaratan yang ditentukan.

3. Karakteristik yang ke tiga adalah transefer. Keberadaan sistem transfer ini memang sangat membantu para mahasiswa yang akan mendaftar ke universitas baru namun belum mendapatkan gelar. Jika mempunyai nilai kredit yang memenuhi maka bisa mendapatkan gelar di universitas yang baru tersebut. Sehingga bagi para mahasiswa yang mendaftar ke universitas baru dapat lulus dalam jangka waktu yang sama.

4. Karakteristik ke empat adalah menyediakan fasilitas pendukung akademik. Perguruan tinggi di USA ini menyediakan banyak fasilitas yang mendukung para mahasiswa untuk bisa mendapatkan pembelajaran dengan lebih baik. Fasilitas tersebut mulai dari alat pendukung dalam pembelajaran maupun menyediakan pengajar terbaik. Ada banyak fasilitas terbaik yang disediakan di perguruan tinggi di USA agar bisa mencetak lulusan terbaik. Ini seperti situs judi online yang memberikan fasilitas terbaik kepada semua membernya sehingga melahirkan pemain2 game online yang berkualitas dan terbaik.

Itulah beberapa karakteristik sistem pendidikan yang ada di USA. Menerapkan sistem pendidikan yang baik mampu membuat perguruan tinggi di USA menjadi perguruan tinggi terbaik di dunia.

Leave a Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!