5 Manfaat Pendidikan Berbasis Kompetensi Bagi Siswa

By | January 10, 2022

5 Manfaat Pendidikan Berbasis Kompetensi Bagi Siswa – Pembelajaran berbasis kompetensiatau pendidikan (CBE) bukanlah tren baru, tetapi telah mendapat banyak perhatian selama beberapa tahun terakhir karena semakin banyak institusi mengembangkan program.

5 Manfaat Pendidikan Berbasis Kompetensi Bagi Siswa

quickanded – SukaMOOC, CBE telah mendapatkan popularitas di kalangan pelajar karena strukturnya yang fleksibel dan harganya yang terjangkau. Seperti namanya, program ini didasarkan pada pengembangan kompetensi yang berlaku untuk karir tertentu.

Baca Juga : Edukasi Tentang Pentingnya Pendidikan Bagi Siswa

Yang unik dari CBE adalah fokusnya pada apa yang dipelajari siswa dan bukan pada waktu yang dihabiskan di kelas untuk menyelesaikan SKS. Dalam pendekatan ini, siswa bekerja dengan kecepatan mereka sendiri untuk menunjukkan penguasaan kompetensi yang diperlukan untuk bidang studi yang mereka pilih. Lihat ini bermanfaatinfografisdari Rasmussen College yang menjelaskan CBE dan perbedaannya dengan pendidikan tradisional. Ini mengarah ke fokus artikel ini di mana kami akan memeriksa manfaat utama CBE bagi siswa termasuk fleksibilitas, keterlibatan, dan keterjangkauan.

Fleksibel:

Program berbasis kompetensi sangat fleksibel karena strukturnya bergantung pada masing-masing pelajar. Tidak ada jadwal yang kaku dalam program ini, tidak ada semester yang ditetapkan dan tidak ada kelas. Sebaliknya, siswa membimbing pembelajaran mereka dan mengontrol kapan dan di mana mereka menyelesaikan proyek dan penilaian. CBE juga fleksibel karena memungkinkan siswa untuk memasuki program di tingkat mana pun di mana mereka diberikan kredit untuk pengalaman sebelumnya.

Mandiri:

Fokus CBE adalah pada hasil akhir dan bukan perjalanannya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengontrol langkah mereka karena mereka tidak dibatasi oleh proses pembelajaran yang ditetapkan. Segera setelah siswa merasa dapat membuktikan penguasaannya, mereka dapat mengambil penilaian, menerima kredit dan memulai materi berikutnya. Bergerak lambat atau cepat seperti yang mereka inginkan, siswa dapat menyelesaikan gelar ketika mereka siap. Ini adalah manfaat besar bagi pelajar mandiri dan dewasa yang mungkin bekerja menuju gelar di sekitar jadwal lain.

Melibatkan:

Salah satu hasil terkuat dari pendidikan berbasis kompetensi adalah peningkatan keterlibatan siswa. Siswa lebih terlibat dalam materi karena mereka memiliki kepemilikan atas pembelajaran mereka. Mereka diberdayakan karena mereka memiliki kendali atas kapan, di mana, dan bagaimana mereka belajar. CBE juga mempromosikan pembelajaran individual dan mengakomodasi berbagai gaya belajar, menjadikannya pengalaman yang benar-benar personal. Pengalaman ini meningkatkan keterlibatan karena konten disesuaikan untuk setiap siswa dan lebih relevan.

Terjangkau:

Biaya program berbasis kompetensi bervariasi menurut institusi, program dan kecepatan siswa. Banyak institusi telah membuat program CBE justru sebagai strategi untuk meningkatkan pembelajaran dan menurunkan biaya pendidikan. Di banyak institusi, biaya kuliah tergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan siswa untuk menyelesaikan gelar. Semakin cepat seorang pembelajar menguasai materi, semakin murah programnya. Karena banyak program CBE ditawarkan secara online dan memanfaatkan teknologi, biaya operasional dihilangkan sehingga biaya kuliah lebih rendah.

Berbasis keterampilan:

Salah satu manfaat utama CBE adalah pembelajaran berpusat pada keterampilan dunia nyata dan pengembangan kompetensi. Program dirancang berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan untuk karir tertentu untuk memastikan bahwa materi tersebut relevan. Hasilnya adalah siswa siap bekerja dan memiliki keahlian di bidang pilihan mereka. Bagi banyak siswa, CBE adalah jalan langsung menuju karier yang sukses. Karyawan juga menghargai CBE dan menurut artikel terbaru tentang lulusan program kompetensi Western Governors University (WGU) “98 persen pemberi kerja dengan lulusan WGU akan mempekerjakan lebih banyak siswa kami” (JCUonline).